zORB44u1Y5Szogk9hvRg5anbZDydcDDjseaSpgOw

Ngeblog Yuk

Saat dunia maya makin penuh sesak sama hiruk pikuk social networking kayak facebook sama twitter, saya tetap lebih tertarik untuk tenggelam di dunia blogging alias nge-blog. Sekarang ini akun fb sama twitter saya lebih cenderung dipake buat nge-share tulisan-tulisan di blog saya.


Sebenernya pertama kali saya bikin blog itu waktu masih tingkat 2, tapi waktu abis bikin itu yaudah dibiarin gitu aja malahan password-nya aja sampe lupa. Bikin blog ini juga sebenernya karena tuntutan profesi, sebagai kepala departemen yang salah satunya punya kerjaan buat ngelola sebuah official website (www.pajak-stan.com) saya ngerasa terdorong buat belajar. Ini kayak alesan kenapa waktu SMA saya masuk PMR yaitu karena saya punya amanah buat ngejagain klinik di asrama karena dokter-dokter sama susternya ga mangkal di klinik 24 jam. #oot Sejak saya bikin blog ini bulan Oktober tahun kemaren, alhamdulillah sampai saat ini udah 7000 kali lebih orang-orang termasuk kamu ngintipin blog saya ini. Oh ya, selain blog ini saya juga punya sebuah photoblog (fiscuswannabe.wordpress.com) yang baru saya bikin bulan kemarin. Kalo kamu pengen tahu alesan kenapa mutusin buat nge-blog, ini nih saya ceritain alesannya. Kalo ga mau tahu gimana dong? Ya tetep lanjutin aja bacanya, ya? ya?


MANFAATIN YANG GRATISAN
Kata siapa belajar itu mahal? Buat belajar itu ga perlu yang mahal-mahal, bahkan yang gratisan juga ada, layanan blogspot ini contohnya. Dengan blog gratisan ini saya bisa belajar nulis, menurut saya salah satu yang bikin pengunjung blog bakalan sering mampir itu kalo blognya sering di-update. Jadinya ada motivasi tersendiri buat terus nulis, bangga juga kan kalo traffic-nya melejit? Semakin sering kita nulis otomatis tulisan kita juga akan terus berkembang, walopun cuma dikit. Selain itu, di blog ini juga saya bisa sedikit belajar buat ngedisen web walopun template-nya emang bukan bikinan sendiri sih. Tapi seenggaknya ada sedikit yang sudah saya edit termasuk widget-nya. 


TEMPAT CURCOL
Saya termauk orang yang agak tertutup, jarang mau cerita sekalipun lagi ada masalah kecuali sama orang-orang tertentu. Selain itu, dari pada ngomong langsung saya lebih suka buat nulis curhatan. Curcol di blog itu ga cuma nyampah di dunia maya, masa mau terus nyampah di dunia nyata aja udah terlalu sering nyampah, tapi curcol di blog itu ada gunanya juga. Misal masalah otlen saya kemarin, bisa aja kan ada anak pajak yang tingkatnya di bawah saya baca curhatan itu terus mereka ga ngulangin kesalahan yang saya lakuin. Curcol di blog bisa buat nostalgila juga nanti kalo udah punya anak cucu, biar mereka tahu gimana saya yang sebenernya di masa-masa ababil.


DAPETIN BANYAK TEMEN
Kalo rajin blog walking atau kalo saya lebih suka nyebut blog jogging, kita bisa punya banyak temen dari berbagai belahan dunia. #lebay Mau itu lintas umur kayak Emak Gaoel atau pun lintas negara. Dari situ saya juga bisa tahu cerita-cerita mereka yang kebanyakan belum pernah saya alami. Misalnya saya pernah mampir ke blognya Luigi Pralangga buat nge dengerin cerita tentang pengalamannya selama kerja buat operasi perdamaian PBB di negara-negara konflik khususnya Afrika dan Timur Tengah. Banyak pelajaran yang bisa di ambil manfaatnya dari cerita-cerita di blog temen-temen saya. Mau itu cerita yang berat ataupun cerita yang ringan-ringan aja.


BERBAGI ILMU
Kalo kita nyari referensi di internet buat bikin paper atau makalah, kebanyakan sumber referensi itu kita dapet dari blog kan? Sumber-sumber referensi itu ga bakalan ada kalo ga ada orang yang punya kemauan buat ngaplod materi-materi itu. Nah itu salah satu kelebihan blog, kalo di fb atau twitter paling kita cuma berbagi info beberepa kalimat pendek aja, beda sama di blog. Walopun di fb saya masih bisa bikin notes tapi itu paling temen fb kita doang yang baca, ga kayak blog yang kalo kita nyari di google di sering nongol di situ. Di blog juga bebas buat ngungkapin opini, mau ngeritik pedas pemerintahan SBY juga boleh. Inikan udah bukan zaman orde baru lagi jadi tenang aja ga bakalan diculik kok.


NYARI DUIT
Ada juga beberapa orang yang nge-blog biar dapetin yang namanya fulus, mau dia bisnis onlen atau bikin tulisan fiksi kayak cerpen atau novel. Banyak juga kok temen blog saya yang umurnya di bawah saya tapi dia udah nulis cerpen di beberapa buku yang udah diterbitin. Bikin ngiri kan tuh! Ya semoga aja nanti tiba-tiba blog saya juga ketiban durian runtuh, ngarep banget ya?


Itu aja sih kayaknya manfaat yang saya dapetin selama nge-blog. Semoga bisa terus berkembang jangan malah jadi nge-goblog.

Baca Juga
Abah
Generasi Micinial

Artikel Terkait

11 komentar